Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Sekilas Tentang Blog

 Blog

Blog atau web log merupakan sebuah website yang biasanya berisi tulisan-tulisan, foto, video milik pribadi yang dapat diakses oleh banyak orang melalui internet.

Membuat blog itu tidak sulit, Anda bisa mulai dari yang gratisan terlebih dahulu seperti; platform Blogger.com, WordPress.com, Medium atau Tumblr. Inti dari blogging adalah menulis, tak peduli di manapun platformnya, Anda sudah bisa disebut sebagai seorang blogger.

Bagi mereka yang hobi menulis menjadikan blog sebagai wadah untuk menumpahkan ekspresinya dalam bidang menulis. Tidak ada suatu cara yang baik untuk membangun sebuah blog. Blog dianggap menyenangkan karena bisa dibuat menjadi profesional atau hanya sekedar hobi untuk membangun citra (branding).

Konten tidak terbatas, bisa berupa teks, gambar, maupun video. Artikel yang diterbitkan akan disebarkan ke seluruh dunia sehingga terjadilah pertukaran informasi secara digital yang murah dan mudah.

Jenis-jenis Blog

Ada beberapa jenis blog yang perlu Anda ketahui.

Blog Pribadi

Jenis ini merupakan blog yang biasanya berisi tulisan-tulisan yang sifatnya pribadi. Pemilik blog biasanya berbagi pengalaman atau seputar kehidupan sehari-hari dan menjadikan blog nya sebagai sebuah diary dalam berbentuk digital.

Blog Otoritas

Berbeda dengan blog pribadi, yang biasanya tidak begitu serius, mereka hanya menulis sesuka mereka untuk mengisi waktu luang.

Blog otoritas dibuat secara serius untuk mengulas suatu topik pembahasan.

Untuk mendapatkan traffic yang bagus, jenis blog ini tidak hanya mengandalkan mesin pencari tapi mereka juga menggunakan sosial media untuk meningkatkan traffic. Biasanya mereka menshare link konten ke berbagai sosial media biasanya Facebook, Pinterest, Instagram (Bio atau story).

Blog Niche

Blog niche ini biasanya fokus terhadap kata kunci yang berhubungan dengan konten yang akan dibuat. Blog jenis ini biasanya melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan kata kunci apa yang tepat untuk dijadikan konten.

Pemilik blog ini tidak hanya harus handal dalam membuat konten tapi juga harus didukung dengan kemampuan SEO (Search Engine Optimization) agar konten tetap bertahan di halaman pertama mesin pencari.

Untuk memperkuat konten agar berada di peringkat pertama mesin pencari, biasanya pemilik blog mencari backlink.

Blog Company/Perusahaan

Website perusahaan ini biasanya berisi tentang profil perusahaan.

Dalam perkembangannya website perusahaan menyisipkan satu halaman blog untuk membantu meningkatkan traffic ke website perusahaan dengan harapan mampu membangun awareness terhadap produk yang dijual.

Blog jenis ini bisa berisi tips dan trik seputar hal yang masih berkaitan dengan produk yang dijual perusahaan maupun konten informatif lainnya.

Blog Spam

Blog ini berisi konten-konten yang diambil dari blog orang, dengan menggunakan software sehingga blog terisi konten secara otomatis.

Blog ini biasanya rentan sekali di banned oleh Google karena mendapat laporan dari pemilik blog yang dicuri kontennya. Blog spam ini juga kemungkinan muncul di mesin pencari sangat kecil.

Tips Membuat Blog

Profesi blogger semakin menggiurkan karena dapat menghasilkan uang, tidak heran jika kini banyak orang yang berminat untuk terjun dan berkecimpung di dunia blogging, namun tidak sedikit juga dari mereka yang masih bingung darimana memulainya.

Abaikan dulu pemikiran soal uang. Untuk sampai ke sana, perlu proses panjang yang tidak hanya butuh tenaga, tapi juga totalitas pengorbanan, mulai dari waktu, pikiran, dan biaya.

Fokus dulu pada target-target jangka pendek, perhatikan tips & trik berikut untuk membangun sebuah blog . Selesaikan satu per satu, baru kemudian Anda boleh bicara soal monetisasi.

Navigasi Blog

Navigasi adalah elemen paling penting, yang berfungsi untuk memudahkan para pengguna untuk menjelajahi isi sebuah blog.

  • Navigasi yang baik meningkatkan durasi kunjungan dan menekan angka bounce rate. Bounce rate ini semacam tolak ukur berapa persentase pengguna yang masuk ke blog kemudian langsung keluar tanpa mengklik tautan berikutnya. Dan biasanya relatif dalam hitungan detik.
  • Navigasi yang baik juga membantu pengunjung untuk memahami hirarki blog, membedakan isi dan menemukan apa yang mereka butuhkan.
  • Efek posisi juga penting, karena dalam pendekatan Serial Position Effect, orang justru kurang memperhatikan bagian tubuh dari sebuah halaman web. Melainkan lebih memperhatikan dan mempertahankan informasi yang muncul di awal dan akhir. Navigasi akan menjadi tujuan pertama saat pengunjung butuh informasi secara spesifik.

Visual Blog

Meskipun tampilan sebuah blog mempunyai andil besar untuk menarik perhatian pengunjung, jangan terlena tentang kecepatan berselancar dalam blog juga sangat menentukan agar blog berjalan dengan cepat . Perhatikan juga tampilan di desktop  tidak mengganggu tampilan di mobile, jangan sampai loading halaman menjadi berat.

 Gunakan tema yang sederhana dan responsive  serta fokus pada kecepatan, dan kemudahan akses . Keduanya memerlukan talenta tersendiri sehingga terciptalah sebuah blog yang baik.

Selengkapnya dapat dapat Anda baca pada:

https://dailysocial.id/post/21-langkah-membangun-blog-baru-untuk-blogger-pemula

Read more

 

Published: Seno Adjie

 

Posting Komentar

0 Komentar