Kamera |Blender|
Sama seperti kamera sungguhan, Anda dapat mengontrol panjang lensa untuk melihat lebih dekat/close up dengan sudut pandang lebih lebar/wide angle. Jarak kliping juga dapat diatur untuk mengontrol seberapa jauh dan dekat kamera dapat melihat.
Sama seperti kamera sungguhan, Anda dapat mengontrol panjang lensa untuk melihat lebih dekat/close up dengan sudut pandang lebih lebar/wide angle. Jarak kliping juga dapat diatur untuk mengontrol seberapa jauh dan dekat kamera dapat melihat.
Selanjutnya menempatkan kamera. Dimulai dari menambahkan sebuah objek kosong pada viewport Top (7).
Empty adalah sebuah objek yang tidak terlihat jika dirender. Objek ini digunakan sebagai alat bantu/target untuk memudahkan dalam mengendalikan kamera untuk mendapatkan sudut pandang yang diinginkan.
1. Ketik 7 untuk beralih ke viewport Top Orthographic.
2. Klik ikon Cursor > klik dimana objek Empty akan ditempatkan (lihat gambar)
3. Tekan Shift+A > Empty > pilih Arrow.
4. Klik pada ikon camera didalam viewport untuk memlihnya.
5. Tekan Shift, lalu klik pada objek Arrow.
Keduanya terpilih ditandai dengan bersinar.
6. Pada menu Object > Track > pilih Track To Constraint”.
Muncul garis putus yang menghubungkan keduanya. Coba klik ikon Camera lalu geser, perhatikan kamera bergerak mengelilingi objek Arrow.
Jika terjadi kesalahan gunakan Ctrl+Z (UNDO) lalu ulangi kembali.
Untuk mendapatkan sudut pandang yang baik, coba tempatkan kamera dan objek Arrow sedemikian rupa.
Sebaiknya Anda bekerja dengan 2 vewport.
1. Posisikan kursor disudut kanan atas viewport yang ada, ketika kursor berubah menjadi “+” drag ke kiri.
2. Ketik 0 (nol) disalah satu viewport untuk beralih ke viewport Camera.
Published: Seno Adjie
Empty adalah sebuah objek yang tidak terlihat jika dirender. Objek ini digunakan sebagai alat bantu/target untuk memudahkan dalam mengendalikan kamera untuk mendapatkan sudut pandang yang diinginkan.
1. Ketik 7 untuk beralih ke viewport Top Orthographic.
2. Klik ikon Cursor > klik dimana objek Empty akan ditempatkan (lihat gambar)
3. Tekan Shift+A > Empty > pilih Arrow.
4. Klik pada ikon camera didalam viewport untuk memlihnya.
5. Tekan Shift, lalu klik pada objek Arrow.
Keduanya terpilih ditandai dengan bersinar.
6. Pada menu Object > Track > pilih Track To Constraint”.
Muncul garis putus yang menghubungkan keduanya. Coba klik ikon Camera lalu geser, perhatikan kamera bergerak mengelilingi objek Arrow.
Jika terjadi kesalahan gunakan Ctrl+Z (UNDO) lalu ulangi kembali.
Sebaiknya Anda bekerja dengan 2 vewport.
1. Posisikan kursor disudut kanan atas viewport yang ada, ketika kursor berubah menjadi “+” drag ke kiri.
2. Ketik 0 (nol) disalah satu viewport untuk beralih ke viewport Camera.
3. Klik ikon Camera (Top view) untuk memilihnya.
4. Ketik (G) lalu gerakkan kursor, perhatikan perubahan pada viewport Camera
5. Dengan cara yang sama, secara bergantian berpindah viewport Top (7), Front (1), dan Side (3).
Semoga bermanfaat...Selamat mencoba.
Published: Seno Adjie
0 Komentar