Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

UI & UX | user experience

 DESAIN GRAFIS

Desain grafis adalah sebuah karya menata elemen grafis seperti bentuk, garis, warna, dan teks(font) dengan tujuan terciptanya usaha penyampaian informasi atau pesan dalam rangka membangun sebuah persepsi yang diharapkan.

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Seiring berkembangnya teknologi informasi terutama dibidang komputer grafis dan animasi, desain grafis yang semula menghasilkan produk statis pada bidang kertas serta cat warna mengalami perkembangan produk yang bergerak (film dan animasi) pada layar monitor yang menggunakan warna berbasis cahaya.

Tuntutan ini melahirkan program studi baru Desain Komunikasi Visual (DKV) yang memiliki konsentrasi atau jalur kepeminatan. 

Ada kemiripan dengan Desain Grafis, Desain Komunikasi Visual (DKV) bermain dengan konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen grafis serta mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif dan komunikatif untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu

Desainer komunikasi visual bekerja atas dasar pesanan (target audience) atau tujuan (goal) yang ingin dicapai. Berbeda dengan Seni murni dimana karyanya merupakan ungkapan ekspresi seniman.
Related post:

Secara Lengkap dapat Anda ikuti link berikut:

Desain Web

Halaman web terdiri halaman utama sebagai pengendali (home) dan halaman-halaman lainnya (tak terbatas) saling berinteraksi. Jumlah halaman yang banyak memungkinkan pengguna akan tersesat seperti dalam rimba belantara. Oleh karenanya desain web tidak hanya menata elemen grafis, tetapi memperhatikan kemudahan akses, kecepatan membuka halaman, keserasian dan lainya.

Banyaknya halaman menuntut halaman utama (home) menampilkan sedemikian rupa agar halaman-halaman yang tersembunyi dapat diakses secara cepat.

Pengertian User Interface (UI) 

User Interface (UI) sangat erat dengan tampilan visual design sebuah sistem. Tampilan tersebut memungkinkan pengguna menjelajahi halaman web dan saling berinteraksi antara penyedia layanan dan pengguna. 

Tidak hanya kecepatan dan kemudahan dalam penjelajahan halaman web, User Interface (UI) juga memperhatikan estetika sesuai dengan segmennya. 

Beberapa komponen User Interface (UI) diantaranya adalah menu dan tombol, tipografi, tema, layout, animasi, dan visual interaktif lainnya.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih lengkap, silakan mengunjungi beberapa artikel berikut:

User Experience (UX) 

User Experience (UX) merupakan proses desain suatu produk melalui pendekatan dari pengalaman pengguna. Dengan pendekatan ini, Anda jadi bisa menciptakan desain web atau aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna (user friendly).

Produk dengan desain UX yang baik akan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna pada saat menjelajahi halaman web atau aplikasi Anda. 


UX Design itu proses membuat sebuah website atau aplikasi yang kamu buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh pengguna.

Komponen UX ini meliputi bagaimana fitur-fitur yang perlu disediakan, struktur desain, navigasi, aspek visual design, dan seluruh aspek interaksi dengan pengguna.

Proses desain UX berlandaskan riset atau biasa disebut UX researcher. Setelah melakukan riset, desainer merancang sketsa desain dengan wireframe dan prototype.

Prose desain UI juga memerlukan riset. Namun, riset yang dilakukan mengarah pada kepentingan riset desain grafis dan visual agar menghasilkan sebuah desain yang menarik.  

Related post:

 

suryanto Tabrani dan Seno Adjie

Posting Komentar

0 Komentar