Untuk
memilih objek menggunakan Klik kiri (default), sebaiknya di ganti menjadi klik
kanan.
1. Menu Edit > Preference.
2. Pada panel Blender Preference >
Keymap > Outliner > pilih Left Mouse.
1. Buka aplikasi Blender yang telah diinstal2. Ketik X > klik Delete pada kotak dialog yang muncul untuk menghapus objek kubus.
3. Klik Add > Mesh > pilih UV Sphare.
4. Drag tool Pan, Zoom dan Rotate untuk mengatur posisi objek pada viewport.
Jika ingin melakukan perubahan/editing objek, tampilan harus dialihkan ke Edit Mode.
1. Pada toolbar > Object Mode > Edit Mode
2. Ketik 1 untuk merubah viewport Front Orthigraphic/tampak depan,
3. Ketik B > drag untuk membuat area/bagian yang akan dihapus.
4. Ketik X > pilih Vertices.
Yang terhapus hanya bagian depan vertek terpilih.
1. Lalu ketik 4 dan ketik B. Hanya sebagian depan bola yang terpotong .
2. Ketik 2 beberapa kali hingga tampilan bola seperti berikut.
3. Drag untuk melakukan pemilihan sisa bidang yang akan lalu dibuang.
4. Ketik X untuk menghapus vertek terpilih. Jika masih ada vertek tersisa, ulangi langkah diatas hingga hasil sementara seperti gambar dibawah ini
5. Ketik 2 lalu Drag ikon Pan untuk mengatur tampilan.
Membuat Bagian Alas Mangkuk
Langkah selanjutnya adalah memilih bagian bawah vertek.
1. Ketik 2 beberapa kali hingga tampilan seperti berikut.
2. Ketik B > drag untuk membuat bagian yang akan dipilih.
1. Ketik 1 untuk merubah tampilan Front Orthogrphic.
2. Klik ikon Move > Drag keatas pada sumbu Z.
2. Klik ikon Modifier.
3. Pada panel pilih Solidify
4. Tentukan nilai ketebalan mangkok (lihat gambar) > Klik Apply.
5. Klik menu dropdown Add Modifier > pilih Subdivision Surface
6. Tentukan nilai View. Semakin halus waktu untuk render makin lama.
7. Klik Apply.
Selesai sudah proses modelling Mangkuk. Selanjutnya adalah proses mempercantik tampilan mangkok.
Pencahayaan dan Material
Ada 2 hal yang akan menjadikan sebuah model dapat tampil dengan baik, yaitu sinar dan material. Tanpa adanya sinar atau cahaya pada suatu model, maka semuanya hitam.
Shading
Blender menyediakan beberapa pilihan objek/model terbuat dari material yang dapat memantulkan cahaya atau tidak (mate). Untuk dapat memahami tentang Shader, sebaiknya Anda pilih beberapa pilihan yang tersedia secara berulang.
1. Buka menu Viewport Shading > klik MatCap > tentukan pilihan.
Published: Seno Adjie
1 Komentar
mantap
BalasHapus