Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Memilih Objek |Blender|

Memilih Vertek
Objek terdiri dari vertek (titik), edge (garis), dan face (bidang). Untuk memilih ketiganya harus berada di Edit Mode, sedangkan untuk memilih Objek harus berada di Objek Mode.
Memilih vertek, edge, face adalah tindakan yang sangat penting. Karena untuk  memodifikasi objek, selalu dimulai dari memilih bagian yang akan dimodifikasi.
Ada beberapa cara yang disediakan untuk memilih vertek.
1.Klik pada vertek yang akan dipilih (memilih sebuah vertek)
2.Tekan Shift+klik untuk memilih beberapa vertek.
3.Ketik B lalu drag membuat sebuah kotak, dimana vertek yang berada didalam kotak akan terpilih.
4.Ketik C, skrol tombol tengah mouse untuk membesarkan/mengecilkan lingkaran pemilih > lalu klik atau drag untuk memilih vertek yang berada didalam lingkaran.
Latihan memilih Objek.
Dalam latihan ini, Anda akan menggunakan objek bola.
1.Buka File baru.
2.Ketik X > Delete.
3.Ketik Shift+A (menu Add) > Mesh > UV Sphere.
 
4.Tekan Tab, mengganti Object Mode menjadi Edit Mode
5.Pilih ikon Vetex > ketik B.
6.Drag disekitar vertek yang akan dipilih.

Proportional Editing
1.Ketik C (ikon Proportional Editing)
2.Skrol mouse untuk besar/kecil lingkaran pemilih
3.Klik atau drag disekitar vertek yang akan dipilih.
4.Klik kanan/kiri untuk mengakhiri proportional editing.
 
Memodifikasi vertek menggunakan Proportional Editing.
1.Aktifkan Proportional Editing (Ketik C).
2.Klik sebuah vertek > ketik G (move)
3.Skrol mouse untuk mengatur lingkaran pembatas
4.Geser mouse. Vertek yang berada dalam lingkaran ikut bergerak secara proporsional membentuk lengkungan.
Semoga bermanfaat....Selamat berlatih!!!

Published: Seno Adjie

Posting Komentar

0 Komentar